Determinasi tumbuhan merupakan proses dalam menentukan nama / jenis tumbuhan secara spesifik. determinasi bertujuan untuk mendapatkan suatu spesies se spesifik mungkin dan tepat sasaran, karena dalam proses pemanfaatannya, tumbuhan memiliki berbagai jenis varietas yang kadang membingungkan, digunakan untuk penelitian, jamu-jamu, obat dan sebagainya.

untuk itulah, dibutuhkan suatu acuan yang mendetail untuk menentukan se spesifik mungkin suatu tumbuhan, agar tepat sasaran dalam pemanfaatannya.

Apakah determinasi diperlukan untuk semua tumbuhan?


Tidak. tidak pada semua tumbuhan perlu dilakukan determinasi secara komprehensif. untuk tumbuhan-tumbuhan yang sudah menjadi “teman hidup” masyarakat dan telah dikenal luas, tidak diperlukan adanya determinasi, tidak diperlukan bukan berarti tidak, tetapi prioritas determinasinya rendah karena tumbuhan tersebut sudah umum di masyarakat dan sudah dikenal luas.

Apa sih determinasi? ngapain?

Determinasi, tak lain adalah identifikasi. yaitu mengidentifikasi bagian demi bagian dari tumbuhan untuk menentukan ciri-cirinya yang khas. setelah itu dapat dikomparasikan dengan tumbuhan lain, ataupun diklasifikasikan menurut persamaan dengan tumbuhan lainnya. determinasi sendiri adalah bagian dari disiplin ilmu taksonomi tumbuhan.  Taksonomi tumbuhan berisikan tentang determinasi (identifikasi), penamaan, komparasi dan klasifikasi. setelah dideterminasi, akan tampak ciri khas dari suatu tumbuhan, penamaan juga dapat diberikan berdasarkan ciri-ciri yang ada (misal daun panjang : longifolia). setelah itu adalah mengkomparasikan data yang didapat dengan data dari tumbuhan lain,  dan pada akhirnya tumbuhan dapat diklasifikasikan.

Proses determinasi sendiri meliputi identifikasi untuk bagian vegetatif dan generatif. organ vegetatif seringkali mudah terpengaruh oleh lingkungan. sehingga lebih dianjurkan untuk melakukan identifikasi dengan prioritas penggunaan adalah bagian generatif tumbuhan ( bunga, buah dan biji)

untuk apa toh?

hal ini sangat berpengaruh jika kita mengambil sampel atau tanaman yang akan digunakan berasal dari lingkungan yang belum dikenal. karena beberapa spesies memiliki keragaman yang sangat spesifik, hanya pada warna benang sarinya, sedangkan bagian lainnya sama. beras pun ada beras ketan,beras merah, beras hitam dan beras putih. apalagi untuk tumbuhan yang masih belum banyak dikenal dan teridentifikasi. untuk keobjektifan dan spesifitas tumbuhan yang didapat, diperlukan determinasi tanaman. karena dalam proses pemanfaatannya (yang berhubungan dengan dunia kefarmasian) akan dijumpai hal yang bisa saja sangat berbeda dari yang sewajarnya. misalnya kandungan dalam tumbuhan, penyusun, dan lain sebagainya, dan jika sebagai bahan obat, hal ini akan sangat penting.