Jahe merupakan herbal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Hampir semua orang mengenal jahe, begitu pula banyak produk jahe yang sudah dipasarkan, baik minuman maupun olahan lain.
Jahe bernama latin Zingiber officinale, bagian tumbuhan yang digunakan adalah bagian rhizoma/bagian dibawah tanah. Fungsinya pun bermacam-macam, namun umumnya digunakan untuk dibuat minuman hangat.
Jahe memiliki rasa khas agak pedas dan panas, jika diminum terasa hangat di tenggorokan dan akan membantu menghangatkan badan.
Kawan pembaca pasti pernah bepergian, menggunakan angkutan umum, atau pribadi. Pasti kita semua pernah mendengar kata mabuk perjalanan bukan?, ya hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi dan bisa menimpa banyak orang. Mabuk menyebabkan perjalanan kita menjadi tidak nyaman.
Lalu apa yang biasa anda gunakan untuk mengatasi mabuk? Antimo. Benar sekali, kita sudah familiar dengan obat anti mabuk tersebut. Namun, selain antimo apakah ada obat lain yang dapat kita peroleh dengan mudah sehari-hari? dan tentunya alami? ada kawan, tak lain adalah Jahe alias Zingiber officinale ini.
Beberapa peneliti melakukan studi terhadap efek antimual jahe
untuk ibu hamil, dan hasilnya adalah jahe dapat mengurangi tingkat kemualan ibu hamil. Jahe juga bisa digunakan untuk mencegah mual, khususnya ketika kita akan melakukan perjalanan.
Lalu bagaimana cara menggunakannya? sederhana.
Jahe dapat diseduh, dapat ditumbuk dan dibuat minuman, dan lain-lain. Jika dirasa agak menyusahkan, teman-teman dapat membeli produk-produk jahe yang sudah tersedia di toko. Baik permen jahe maupun wedang jahe dapat membantu mengurangi mabuk. Jika tidak menemukan, teman-teman juga dapat membeli produk herbal yang berisi jahe, seperti Ant*ng*n, dan kawan-kawannya. Insyaa Allah dapat membantu mengurangi mual, sehingga perjalanan kita akan lebih nyaman.
Jadi? sudah tahu sekarang jahe bisa mengurangi mual kan. Tidak suka minum obat? minum jahe saja (;
Pustaka
-Masruroh S., & Wulan A.J., 2016, Khasiat Jahe (Zingiber officinale) Sebagai Anti Mual dan Muntah pada Wanita Hamil, FK. Universitas Lampung, Majority, Vol. 5
-http://naturalingredient.org/wp/wp-content/uploads/331.pdf
Iklan