Farmasi, suatu bidang studi dan bidang perofesional kesehatan yang selalu berurusan dengan obat, obat dan obat. Tahukah anda, obat itu tidak melulu seperti yang kita lihat sehari-hari. Fungsinya juga bermacam-macam. kadang kita dengar, kalau sakit minum obat. obat pun tidak mesti diminum. ada yang ditempel, ditabur, dihirup dan sebagainya.

Nah, terlepas dari cara pemakaian (rute pemberian), obat juga banyak macamnya. Jika kita sering melihat iklan di televisi dan media massa lainnya, pastinya kita akan kenal suatu obat apa dan untuk apakah itu. Perlu ditekankan pula, obat-obatan tidak semuanya mahal, biasanya kemahalan biaya obat dikarenakan proses produksi yang memakan biaya tinggi, atau sebenarnya obat murah tapi ada sedikit “sentuhan” dari penjualnya.

Yang belum bisa dibedakan kebanyakan orang saat ini adalah, mereka mengira obat-obatan yang efektif adalah yang diiklankan di televisi, atau yang harganya mahal, ataupun yang “bermerk”, sama sekali bukan seperti itu. Jika kita pergi ke apotek, ada berbagai macam jenis obat yang dapat dijual bebas atau termasuk kedalam golongan obat bebas, ada yang harus dengan resep dokter. tapi apakah kita pernah membedakan antara obat yang dijual dengan wadah/kemasan bermerk, dan yang hanya diberikan berupa kemasan seperti almunium foil yang melindungi obat (biasanya tablet) dari udara luar? itulah yang disebut obat generik, obat generik ini selain MURAH juga BERKUALITAS, karena pada proses pembuatannya sudah dilakukan dengan menggunakan pedoman yang baik, minimal CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik).

untuk lebih jelasnya mari melihat definisi/informasi dibawah ini :

Sediaan Farmasi = obat, bahan obat, obat tradisional dan kosmetika

Obat adalah suatu bahan ataup paduan bahan yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosa, pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, pemulihan atau peningkatan kesehatan termasuk kontrasepsi dan sediaan biologis (PPNo. 72 tahun 1998).

Obat Jadi adalah sediaan atau paduan bahan-bahanyang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapandiagnosa, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi (Permenkes No.917/Menkes/Per/X/1993).

Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan (tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik)atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (PP No. 72 tahun 1998)

Kosmetika adalah paduan bahan yang siap digunakanpada bagian luar badan (kulit, rambut, kuku,bibir, dan organ kelamin bagian luar), gigi danrongga mulut untuk membersihkan, menambahdaya tarik, mengubah penampakan, melindungisupaya tetap dalam keadaan baik, memperbaikibau badan, tetapi tidak dimaksudkan untukmengobati atau menyembuhkan suatu penyakit(PP No.72 tahun 1998).

Obat Palsu adalah obat yang diproduksi oleh yang tidak berhak berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku; obatyang tidak terdaftar; dan obat yang kadar zat berkhasiatnya menyimpang lebih dari20% dari batas kadar yang ditetapkan(Permenkes No.917/Menkes/Per/X/1993).

Obat Paten adalah obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama si pembuat atau yang dikuasakannya dan dijual dengan bungkus asli dari pabrik yang memproduksinya.

Obat Generik adalah obat dengan nama resmi yang ditetapkan dalam Farmakope Indonesia atau INN(International Non-Propietary Name) untuk zat berkhasiat yang dikandungnya.

Obat Esensial adalah obat yang paling dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat terbanyak dan tercantum dalam Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN) yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI.

Bahan obat (zat aktif) jarang diberikan sendiri-sendiri,tetapi lebih sering merupakan suatu formula yang dikombinasikan dengan satu atau lebih zat tambahan yang bukan obat (eksipien).

Baca Artikel Lebih Lanjut Mengenai Obat Disini